BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 15 Oktober 2010

TATA CARA PENULISAN KTI (Karya Tulis Ilmiah)


RESUME TATA CARA PENULISAN KTI (KARYA TULIS ILMIAH)
DENGAN MENGGUNAKAN MICROSOFT WORD

         
KTI (Karya tulis ilmiah) merupakan tes akhir bagi para mahasiswa diploma. Maka dalam penulisannya sangat di perhatikan tata cara, ketentuan, atau aturan penulisannya. Dalam penulisan karya tulis ilmiah itu banyak pengaturannya terutama yang menggunakan Microsoft word. Biasanya masing-masing politeknik punya tata cara atau aturan tersendiri mengenai penulisan ini.

Berikut ini ada beberapa cara dalam penulisan karya tulis ilmiah dengan menggunakan Microsoft word.Langkah-langkahnya sebagai berikut:
1.      Aturan Penulisan BAB
      Didalm BAB ini terdapat nantinya berbagai sub bab. Misalnya pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian, hasil dan pembahasan, serta kesimpulan dan saran.

Dalam penulisan ini ada yang harus diperhatikan yaitu:
ü  Spasi dari atas ke bawahnya harus 4 spasi dengan cara pilih format-paragraf-before 48-after 6-ok
ü  Letaknya harus di tengah dengan mengklik center(ctrl+E)
ü  Harus menggunakan huruf capital dengan  cara: format-font-all capital.

Setelah itu agar tata cara penulisan  BAB I dan BAB II sama, maka dapat di pakai cara style yaitu dengan cara:
ü  Blog paragraph yang akan di simpan
ü  Cari icon style
ü  Klik tanda segitita di sebelah kanan style dan ketik judul BAB 1 dan enter.
ü  Lepaskan mouse
ü  Klik di BAB 2 dan klik style BAB 1 tadi  dan enter

Begitu pula untuk penulisan pendahuluan, tinjauan pustaka, metodologi penelitian dan lain-lain yang terdapat pada masing-masing BAB. 

2. Aturan Penulisan Paragraphnya yaitu dengan cara:

 => Blog paragraph kemudian atur dengan ketentuan : Spacing=double, Aligment =Justify (ctrl+j), before=6pt, after=6pt, colour=black. Setelah itu buat style seperti cara yang diatas tadi agar dapat digunakan untuk paragraph selanjutnya.

3.      Jika KTI menggunakan table maka caranya:
v  Mulai table dari baris kosong
v  Style normal
v  Insert-table-kemudian tentukan berapa banyak baris dan kolomnya- ok.
v  Klik kanan dalam cell-table properties-center(ini di gunakan jika ingin mengetengahkan tulisan)
v  Untuk merapikan table dapat di gunakan cara : klik kanan dalam cell-autofit-autofit contens

4.      Jika KTI menggunakan grafik
*  Insert-picture-chart
*Untuk menghapus batang grafik yang berlebih-klik kanan pada ABCD table data sheet-delete
*  Menghilangkan tempat grafik yang tersisa: blok-klik kanan di bawah cell data- delete

Jika ingin mengedit grafik maka dapat di gunakan cara berikut:
-          Klik kanan pada objek yang mau di rubah
-          Pilih chart
-          Pilih chart options

Cara memberi angka di atas grafik:
-          klik kanan
-          format data series
-          Pilih data labels-value-ok

Cara mengubah bentuk grafik:
-          Klik kanan-format data series-shape-pilih tipe yang diinginkan.

Jika dalam KTI anda menggunakan rumus-rumus yang panjang dan susah,maka dapat di lakukan cara ini untuk mempermudah pekerjaan anda:
Pertama kita harus berada di Microsoft equation 3.0 dulu dengan cara: insert-object-mc.equation 3.0.Setelah itu akan tersedia icon –icon yang bisa kita gunakan dalam pembuatan rumus.Maka anda bisa memilih salah satu dari icon itu untuk membuat rumus.

            Selain itu untuk membuat  symbol dan catatan kaki caranya adalah:
ENOT= catatan kaki yang di tulis di akhir dokumen
FEDNOT= Peletakan dihalaman bersangkutan
Caranya : Insert-preference-fednot(sebelumnya klik header dan footer)

Memberi halaman pada KTI:
Insert-page number-pilih yang di suka-ok

            Demikianlah langkah-langkah dalam pembuatan KTI yang baik dengan menggunakan microsoft word. Maka dari itu diperlukan ketelitian dan ketepatan agar KTI yang kita tulis baik dan dapat digunakan oleh semua pihak hendaknya....
            Terima Kasih :)